Saturday, May 30, 2020

Review Kamen Rider Fourze: Petualangan Preman Luar Angkasa



Kamen Rider Fourze mengambil tema yang cukup luar biasa yaitu luar angkasa. Dengan Desain Kamen Rider utama berbentuk seperti roket. Konsep monster dengan menggunakan desain Zodiarts yang mengambil bentuk dari rasi bintang. Markas mereka juga tidak tanggung-tanggung berada di salah satu pangkalan di bulan.

Gabungan Tema

Tema yang lain juga diangkat yaitu tentang anak sma yang mengambil tempat bernama Amanogawa High School. Tokoh utamanya adalah Gentaro Kisaragi yang terlihat seperti preman sekolah jepang, namun sebenarnya seorang baik yang ingin berteman dengan semuanya. Ia Bersama-sama teman-temannya membuat sebuah klub sma bernama klub Kamen Rider.

Diawali oleh Yuki Jojima dan Kengo Utahoshi yang menemukan pangkalan luar angkasa. Mereka juga menemukan alat untuk melawan Zodiarts yang muncul di kampus mereka. Sayang Kengo tak dapat menggunakan alat tersebut karena fisik yang lemah.Terpaksa Gentaro Kisaragi yang memakai alat berubah tersebut.

Konsep dan Desain

Zodiarts mengambil konsep monster dari bentuk rasi bintang. Zodiarts sendiri terbagi lagi dalam Zodiart biasa dan Horoscopes. Horoscopes memiliki kekuatan yang lebih kuat dari Zodiarts biasa. Hanya mereka yang terpilih dari Zodiarts yang berubah menjadi Horoscopes. Horoscopes sendiri terdiri dari 12 monster sesuai dengan 12 rasi bintang horoskop atau bintang kelahiran berdasarkan bulan.

Desain Kamen Rider Fourze juga cukup menarik dengan menggunakan bentuk roket berwarna putih. Kekuatan Fourze juga menggunakan sebuah benda yang disebut Astroswitches. Benda tersebut dipasang di belt Kamen Rider Fourze. Astroswitches berjumlah 40 buah sesuai dengan nama Kamen Rider Fourze yang berarti Kamen Rider Four Zero atau 40.

Klub Kamen Rider

Satu hal menarik adalah bentuk dari kelompok Kamen Rider Fourze yang berbentuk klub Kamen Rider. Mereka beberapa kali menjelaskan tentang Kamen Rider terdahulu dan menganggap Kamen Rider sebagai Urban Legend. Terlihat juga mereka bercosplay menggunakan beberapa Kamen Rider terdahulu.

Adapun beberapa kelebihan dan kelemahan serial kamen rider fourze sebagai berikut:

Kelebihan

Pelatihan JAXA yang Sesuai Kenyataa

Jaxa merupakan kepanjangan dari the Japan Aerospace Exploration Agency. Sebuah lembaga Jepang yang mengurusi berbagai hal yang berhubungan dengan luar angkasa. Mereka memberikan pelatihan para astronot dan pengembangan peralatan luar angkasa. Jika dilihat baik-baik JAXA dibahas di salah satu episode Kamen Rider fourze. Dimana mereka memberikan pelatihan yang sebenarnya memang ada di dunia nyata.

Tema Anak SMA

Berbagai karakter anak sekolah sma jepang di gambarkan dari sini. Mulai dari gentaro yang digambarkan preman. Yuki digambarkan sebagai otaku. Jk yang digambarkan sebagai anak gaul. Shun yang digambarkan sebagai atletis penggemar olah raga. Serta berbagai karakter yang lain mulai dari guru dan teman-temanya.

Kelemahan

Tokusatsu Klasik Jadi Penjahat 

Jika kita melihat baik-baik terdapat Skydain dan  Kyodain yang menjadi penjahat versi movie. Hal yang membuat kecewa karena keduanya merupakan serial tokusatsu Klasik dengan nama Uchuu Tetsujin Kyodai. Entah mengapa pihak Toei menggunakannya sebagai penjahat.

Beberapa penggemar sedikit kecewa karena malah membuat ulang tokusatsu klasik malah menjadi karakter penjahat. Hal yang lebih mengecewakan lagi karena ada yang beranggapan bahwa tokusatsu tersebut adalah inspirator dari Kamen Rider Fourze terutama desainnya yang mirip roket. Sehingga penggunaan seperti ini benar-benar tidak tepat.

Pemaparan singkat di atas mungkin memberikan anda pemahaman singkat tentang serial Kamen Rider Fourze. Kami sangat merekomendasikan bagi mereka yang sama sekali belum pernah menontonnya, terutama penggemar. Bagi penggemar yang sudah pernah menonton mungkin dapat mencoba menonton kembali.


Penulis: Aru Akasa

Jangan Lupa Like FP kami: Meongeden.com
Jangan Lupa Komentar




No comments:

Post a Comment