Thursday, April 9, 2020

Review Kamen Rider Kiva: Petualangan Kamen Rider dengan Biola



Desain Kamen Rider berupa serangga mungkin telah sering kita lihat. Kali ini kita malah menemukan desain Kamen Rider yang coraknya mengikuti pemakan serangga alias kelelawar. Bukan desain kelelawar biasa, tapi kelelawar rajanya vampir.

Konsep Utama

Selain desain yang menarik, Kamen Rider Kiva juga mengusung model penceritaan yang menarik dengan memanfaatkan perbedaan waktu. Mereka menggunakan seting dua waktu yang berbeda. Satu seri pada tahun 1986 sampai 1987, sedangkan setting waktu yang lain berada pada tahun serial ditayangkan yaitu 2018.

Kamen Rider Kiva sendiri mengisahkan masa lalu dan masa depan. Masa lalu menceritakan kisah Kurenai Otoya, sedangkan di masa depan menceritakan kisah tentang Kurenai Wataru. Jika kurenai otoya berkisah tentang perjalannya melawan fangire dan menjadi Kiva, maka Wataru berkisah perjalanannya sebagai Kiva dan menjadi raja fangire.

Desain Fangire

Menariknya desain fangire mengambil konsep kaca patri yang biasa anda temukan dibeberapa bangunan. Merupakan sebuah kaca berwarna yang biasanya menjadi kaca hias di jendela dengan motif tertentu. Jika diperhatikan baik-baik semuanya memiliki motif yang berbeda-beda.

Tidak heran setiap fangire biasa mengambil bentuk kaca patri tertentu dikombinasikan dengan hewan tertentu. Jika mereka mengeluarkan taring biasanya terdapat bentuk seperti taring kaca. Ketika mereka dikalahkan mereka menjadi kaca pecah dengan beberapa warna.

Keunikan Form

Hal ini juga menjadi dasar dari perubahan Kamen Rider Kiva. Ia memiliki tiga form yaitu Dogga, Bassha, Garuru. Dimana jika berubah menjadi tiap form, maka akan terlihat warna Kiva akan berubah sesuai form dan bentuknya terlihat seperti kaca.

Apalagi form DoGaBaKi yang menggabungkan bentuk dari ketiga form tersebut. Senjata dan serangan ketiga form juga terlihat berbeda. Form terakhirnya juga dengan warna utama emas yang disebut emperor. Desain formnya juga disebut-sebut mirip dengan Kuuga.

Sang Musisi

Salah satu konsep yang baik dari Kiva adalah konsep Kurenai Otoya sebagai musisi. Apalagi ketika memainkan biolanya, maka kesan konyol dari Otoya berganti menjadi seorang musisi jenius. Hal ini juga diwarisinya kepada Wataru. Tak sampai disitu, Wataru juga selalu berusaha membuat biola yang sama hebat dengan biola Bloody Rose, milik Otoya.

Tidak heran lagu tema dari biola yang jadi soundtrack film ini bebar-benar bagus. Apalagi saat penciptaan Bloody Rose oleh Maya dan Otoya yang menunjukan salah satu proses pembuatan biola. Benar-benar mengambarkan kesan musisi.

Adapun kelebihan dan kelemahannya sebagia berikut:

Kelebihan

Permainan Biola yang Indah

Soundtrack lagu biola yang benar-benar indah. Jika anda memperhatikan dengan baik lagu biolanya benar-benar sangat indah. Menariknya lagi, nada yang dimainkan Otoya dan Wataru berbeda satu sama lain, dengan beberapa nada yang sama. Lagu terakhir yang dimainkan Otoya sebelum meninggal juga sangat indah ditambah dengan momen perpisahannya dengan Maya.

Perkembangan Karakter

Perkembangan dari karakter dari Wataru benar-benar baik. Jika kita melihat baik-baik perkembangan karakter Wataru disusun benar-benar baik. Mulai dari terlihat lugu seperti anak-anak, dapat banyak masalah, terlibat romantisme, berbeda pandangan dengan kakak tirinya, sampai ia dengan tegas memutuskan dirinya menjadi raja Fangire.

Kelemahan

Hubungan Tidak Jelas


Beberapa hubungan antar karakter tidak jelas. Salah satu hubungan tidak jelas adalah hubungan Otoya dengan Megumi Aso anak dari Yuri Aso. Tidak jelas apakah dia merupakan anak dari Otoya ketika tinggal bersama-sama Yuri satu atap ataukah ia anak lain ketika Yuri sudah menikah. Hal ini tidak mendapat penjelasan detail.

Desain Basshaa

Desain senjata Basshaa yang kurang keren. Perubahan Basshaa dari Kamen Rider Kiva adalah untuk serangan dengan senjata jarak jauh , yaitu Basshaa Magnum. Sayang bentuknya tidak terlihat terlalu menarik, dimana ada bagian berputar di bagian senjatanya. Terlihat seperti mainan anak-anak biasa.

Pemaparan di atas merupakan sekilas dari cerita panjang serial Kamen Rider Kiva. Semoga penggambaran kami yang singkat dapat memberikan sedikit pemahaman tentang serial Kamen Rider Kiva. Kami sangat merekomendasikan serial Kamen Rider Kiva bagi yang belum pernah menontonnya. Bagi yang sudah menonton mungkin dapat menontonnya kembali.

Penulis: Aru Akasa

Jangan Lupa Like FP kami: Meongeden.com
Jangan Lupa Komentar

















No comments:

Post a Comment