Sunday, March 8, 2020

Review Kamen Rider Hibiki: Iblis yang Bermain Musik


Kamen Rider Hibiki memiliki konsep yang sangat unik. Dimana Kamen Rider tersebut berasal dari oni atau iblis Jepang, di serial ini para Kamen Rider dipanggil sebagai oni. Bukan hanya itu konsepnya mereka juga bertarung menggunakan alat musik. Mereka masing-masing memiliki nama sendiri dengan gaya alat musik tertentu. Sehingga kita mungkin akan mendengar mereka seolah bermain musik saat bertarung.

Musuh dan Konsep Awal

Mereka melawan makhluk bernama Makamou. Makhluk ini, umumnya merupakan penggambaran dari Youkai atau makhluk aneh Jepang. Biasanya mereka memiliki dua bentuk, ada yang bentuk Kaijin atau monster ukutan manusia dan ada yang bentuk Kaiju atau monster raksasa. Para oni biasanya akan memurnikan mereka dengan musik.

Kisah ini diawali dari Asumu Adachi yang seolah mencari jati diri dan bertemu dengan salah seorang oni yaitu Hibiki. Hibiki bernama asli Hitoshi Hidaka, beberapa kali menyelamatkan asumu dari serangan makamou. Ia kemudian berpikir kembali soal dan jati dirinya, sehingga ia ingin menjadi murid dari Hibiki.

Kita juga akan sangat akrab dengan latar belakang restoran kuno Jepang yang dijadikan markas dari takeshi dan oni. Takeshi merupakan organisasi yang mendukung oni dan menyiapkan segala peralatannya. Anda dapat menonton latar belakangnya di Kamen Rider Hibiki the movie Kamen Rider Hibiki & The Seven Senki.

Guru dan Murid

Bisa dibilang dalam serial ini, penggambaran utama adalah soal hubungan para oni dan muridnya. Selain Asumu Adachi dan Hitoshi Hidaka. Kamen Rider Ibuki yang punya murid seorang perempuan yaitu Akira Amami. Kamen Rider Zanki yang memiliki murid yaitu Kamen Rider Todoroki. 

Semuanya punya metode mengajar masing-masing yang unik dan tergambarkan dalam kisah Kamen Rider Ini. Namun, penggambaran paling kuat yaitu dalam serial ini adalah hubungan Zanki dan Todoroki yang bisa dibilang sangat kuat. Sampai Kamen Rider Zanki meninggal, ia masih tetap berjuang untuk Todoroki.

Adapun kelebihan dan kelemahan kamen rider hibiki sebagai berikut:

Kelebihan

Kombinasi Serangan dan Musik 

Ketika melakukan serangan mereka akan terdengar alunan musik, bahkan sesuai dengan serangan. Apalagi jika mereka melakukan serangan secara berkelompok, akan terdengar alunan musik mereka seolah sinkron antara satu dengan yang lain. Seolah-olah mereka melakukan aksi panggung bersama.

Alat Inovatif 

Biasanya para oni akan mengandalkan sebuah disk yang tiba-tiba berubah menjadi bentuk sebuah binatang. Alat tersebut biasanya digunakan untuk melacak makamou di area tertentu. Biasanya untuk merubah dari bentuk disk menjadi binatang menggunakan alat berubah dari sang oni. Menariknya alat pencari berbentuk binatang ini mempengaruhi kamen rider selanjutnya untuk membuat alat serupa.

Kelemahan

Aslinya Bukan Kamen Rider. 

Serial ini sebenarnya bernama henshin ninja arashi. Sayangnya toei memaksakannya untuk berubah menjadi kamen rider. Banyak yang kecewa dengan hal ini, terutama proyek ini sebenarnya ingin menghidupkan tokusatsu lama agar tokusatsu lebih bervariasi lagi. Hal yang mengecewakan lagi, kamen rider hibiki terlihat sangat jelas bukan kamen rider karena tidak menggunakan belt sebagai alat berubah.

Pergantian Staff yang Mengacaukan Cerita 

Lagi-lagi Toei bermasalah dengan mengganti beberapa staf, sehingga terjadi perombakan besar-besaran dari alur cerita. Banyak penggemar yang protes akan hal tersebut. Tidak hanya itu beberapa staff yang diganti mengambarkan kekecewaan terhadap produksi serial ini.

Oni Cameo

Terlalu banyak oni yang hanya muncul sebagai suit saja. Banyak sekali oni yang hanya muncul dengan suit atau perubahan oni saja. Mereka tidak memiliki wujud manusia dan tidak mendapat penceritaan lebih detail. Sehingga penggemar lagi-lagi merasa kecewa akan hal tersebut.

Ending Tak Jelas

endingnya bisa dibilang sangat tidak jelas, terutama karena musuh utama mereka, bahkan tidak dikalahkan. Mungkin bukan hanya itu, mereka bahkan tidak diberikan penjelasan detail tentang berbagai hal. Mengapa mereka menciptakan makamou? mengapa mereka punya anggota yang dua orang saja?


Mungkin pemaparan singkat tersebut dapat memberikan anda sedikit pemahaman tentang serial Kamen Rider Hibiki. Kami sangat merekomendasikan serial Kamen Rider ini kepada mereka yang belum pernah menonton. Jika sudah menonton, mungkin anda dapat mencoba menontonnya kembali.  

Penulis: Aru Akasa

Jangan Lupa Like FP kami: Meongeden.com
Jangan Lupa Komentar


No comments:

Post a Comment