Saturday, March 28, 2020

Review Bad Guys: Permainan detektif dari Para Penjahat (Waspada Spoiler)



Dalam drama korea sering kita melihat berbagai sosok penjahat. Mulai dari pembunuh berantai yang haus darah. Pembunuh bayaran yang melakukan pembunuhan karena uang dengan gaya sistematis. Bisa juga penjahat yang terorganisir dalam sebuah gang, dimana salah satu dari mereka sangat kuat. Satu hal kesamaan mereka adalah mereka semuanya penjahat.

Namun. ada drama yang menampilkan cukup berbeda dimana penjahat dijadikan seolah detektif yaitu Bad Guys. Dimana para penjahat dengan berbagai kemampuan dikumpulkan menjadi satu kelompok. Mereka diberi kesempatan menyelesaikan masalah dengan kemampuan mereka sebagai penjahat.

Kisahnya dimulai dari detektif Oh Goo-Tak yang mengumpulkan para penjahat yang professional. Park Woong-Cheol seorang anggota geng yang hebat, bahkan mampu menaklukkan sebuah kota dalam semalam. Lee Jung-Moon seorang jenius yang disebut-sebut sebagai pembunuh berantai. Jung Tae-Soo yang seorang pembunuh bayaran professional, namun tiba-tiba menyerahkan diri. Mereka semua bekerja sama melawan berbagai kejahatan.   

Misteri Tersembunyi

Pembentukan tim ini sebenarnya cukup jelas, dimana mereka menangani kasus. Tim ini bisa dibilang menangani cukup cepat, bahkan lebih cepat dari polisi biasa. Terutama mereka menggabungkan kemampuan masing-masing yang luar biasa. Apalagi ditambah satu persatu kisah di balik kehidupan  mereka terungkap sampai misteri paling besar di bagian akhir.

Hal yang menarik dari drama ini adalah misteri tersembunyi dari dibentuknya tim ini. Sedikit demi sedikit ada benang merah antara keempat orang ini yang tidak terduga. Terutama berhubungan dengan Lee Jung-Moon. Park woong-Cheol dan Jung Tae-Soo ternyata di ungkapkan bahwa mereka mendapat tugas memmbunuh Lee Jung-Moon. Akhirnya terungkaplah sebuah rahasia tragis dibalik gelar pembunuh berantai Lee Jung-Moon.

Adapun kelemahan dan kelebihan dari Bad Guys sebagai berikut:

Kelebihan

Ketepatan Aktor

Semua karakter yang berperan dalam drama ini terasa benar-benar tepat. Kim Sang-Joon yang memasang wajah seram dan serius sebagai Oh Goo-Tak. Ma Dong-seok yang juga terkenal karena Train To Busan, pas sekali dengan badan besarnya memerankan Park Woong-Cheol. Park Hae-Jin yang berperan sebagai Lee Jung-Moon yang punya wajah sedih yang menyimpan misteri. Jo Dong-Hyuk sebagai Jung Tae-Soo yang memiliki kepala plontos namun cukup menakutkan.

Keseimbangan Sisi Penyelidikan dan Aksi

Penggambaran yang bagus adalah keseimbangan sisinya sebagai film detektif dengan penyelidikan dan film aksi. Kita melihat beberapa drama dan film, kadang gagal menyeimbangkan hal ini. Menurut saya keseimbangan ini terletak dari bagaimana mereka memainkan peran detektif dan bertarung dengan gaya masing-masing.

Misalnya Oh Goo-tak yang yang tahu jenis senjata dan motivasi pembunuhan saat hujan. Ada juga Lee Jung-moon yang menggunakan alat saat bertarung karena, ia tak sehebat yang lain. Meskipun begitu Lee Jung-moon sangat ahli dalam menganalisa. Adegan yang cukup menarik adalah ketika Oh Goo-tak dan Park Woong-Cheol berpura-pura sebagai detektif dihadapan keluarga koban pembunuhan Oh Goo-tak.

Kelemahan

Season 2 yang gagal

Jujur saya cuman menonton 3 episode awal dari season selanjutnya. Pendapat saya benar-benar mengecewakan, terutama karena ceritanya tidak sebagus season pertamanya. Karakternya tidak cukup kuat dan hanya menjual adegan kekerasan berlebihan ditambah lagi Alurnya terkesan sangat lambat. 

Hal ini kemungkinan karena kacaunya proses produksi drama ini karena pemeran season 1 ada beberapa yang sibuk, hal ini tentunya bisa dimaklumi. Adapun versi movie tidak saya bahas karena konsepnya bukan drama lagi.

Kemunculan Penjahat utama tiba-tiba

Saya yang terasa cukup kurang bagus adalah kemunculan oh Jae-Won muncul sebagai penjahat di akhir. Bisa dibilang karakternya terlalu mudah ditebak sebagai penjahat yang terlibat dengan kasus Lee Jung-Moon. Seolah kemunculannya yang terlalu biasa tanpa misteri yang cukup berarti. Jika karakternya dipoles lebih baik lagi dengan misteri dan ditambah dengan penempatan kemunculannya, kemungkinan hasilnya akan cukup bagus.

Pemaparan di atas mungkin memberikan anda sedikit gambaran umum dari Drama Korea Bad Guys. Kami sangat merekomendasikan serial ini. Terutama bagi mereka yang belum menonton. Bagi mereka yang telah menonton mungkin dapat mencoba menontonnya kembali.



Penulis: Aru Akasa


Jangan Lupa Like FP kami: Meongeden.com
Jangan Lupa Komentar





No comments:

Post a Comment