Saturday, March 14, 2020

Review Aquaman: Kombinasi Fantasi, Aksi dan Pemandangan Laut yang Luar Biasa



Belakangan ini berbagai film buatan dc dianggap tidak sukses. Namun hal tersebut tidak berlaku bagi salah satu film besutan DC yaitu Aquaman. Film yang mengusung superhero berkekuatan penguasa lautan ini mendapat banyak pujian. Terutama atas aksi dan pemandangan laut yang dapat ditemukan sepanjang film ini.

Pemilihan yang Tepat 

Hal yang tidak bisa dilupakan dari film ini adalah pemilihan jason momoa sebagai aktor utama. Aktor berdarah hawai dengan tubuh kekar ini terlihat sangat sesuai dengan penggambaran Aquaman dari komik dan film kartun. Aktingnya juga cukup lumayan bagus memerankan seorang calon raja lautan yang sedang mencari jati diri.

Hal yang menarik juga sutradaranya adalah James Wan, seorang yang pengalamnnya lebih banyak di film horor dan cukup jarang di film aksi, bahkan belum pernah sama sekali mensutradarai film superhero seperti Aquaman. Filmnya yang terkenal seperti Conjuring, Annabel, Insidious dan Saw. Mungkin kemampuannya dalam meracik visual film horor yang kuat membuatnya mampu menghasilkan visualisasi laut yang sangat fantastis.

Awal Kisahnya

Film ini sendiri menceritakan Arthur Curry yang merupakan darah campuran. Ia merupakan anak dari Tom Curry yang seorang penjaga mercusuar dan atlanna yang seorang ratu Atlantis yang kabur dari perjodohan. Saat dewasa, ia harus memenuhi tanggung jawabnya sebagai seorang yang menyatukan Atlantis.

Perjalanan dimulai berkat bimbingan dari orang kepercayaan ibunya Vulko dan calon istri dari saudara tirinya Mera. Ia bersama Mera mencari trisula sakti milik raja Atlantis terdahulu agar bisa menjadi penguasa Atlantis dan mencegah konflik yang mungkin terjadi antara Atlantis dan penghuni daratan yang semakin mendekat.

Dua Villain

Menariknya, jalannya tidak mulus karena harus menghadapi dua musuh. Musuh pertama, adalah saudara tirinya King Orm, yang berusaha memulai perang dengan daratan. Musuh keduanya, Black Manta yang dendam karena Aquaman membiarkan ayahnya mati. Keduanya bekerja sama menghalangi jalan Aquaman.

Meskipun ini sebuah film yang sangat fantastis, namun pasti kelebihan dan kelemahannya. Adapun kelebihan dan kelemahannya sebagai berikut:

Kelebihan

Aksi dan fantasi yang luar biasa 

Terlihat jelas bagaimana sutradara menggabungkan aksi dan fantasi, dimana pertarungan menggunakan jurus yang menarik. Terutama ketika adegan Aquaman menggunakan trisula saktinya memenangkan pertarungan dengan king orm.

Adegan pertarungan lain yang cukup menarik adalah pertarungan antara Aquaman dan Black manta. Terutama pada bagian bagaimana Black Manta telah memiliki armor yang canggih. Sinar laser yang keluar dari mata  dan senjata seperti tali. Ketika Black Manta membuat senjata juga terlihat sangat menarik, bagaimana ia memodifikasi senjata dari Atlantis menjadi sebuah armor.

Pemandangan Laut dengan Variasi

Berbagai pemandangan laut yang berbeda ditampilan sebagai setting. Mulai dari laut dengan mentari terbit tempat ayahnya menunggu, lautan Atlantis dengan teknologinya, laut yang Berkecamuk, laut di ujung dunia. Benar-benar variasi setting yang Luar Biasa.

Kelemahan

Terlalu Padat

Meskipun memakan waktu 2 jama 30 menit lebih sedikit. Film ini terasa agak padat terutama melibatkan banyak adegan aksi dan memang aquaman dikejar waktu untuk menjadi raja. Padahal beberapa pemandangan lautnya cukup baik untuk dinikmati lebih lama.

Bagian Janggal

Beberapa penjelasan yang kurang, mungkinkah sebuah plothole? Jika kita melihat baik-baik anak buah dari Atlantis tidak dapat bernapas di daratan. Anehnya Mera dan King Orm dapat bernapas di daratan. Anak buahnya harus memakai alat pernapasan dalam helm, bahkan ada adegan dimana anak buah dari Atlantis harus bernapa dalam toilet.

Oleh karena itu, terlepas dari adanya sedikit kelemahan. Film ini amat direkomendasikan, terutama bagi para pendukung DC. Film ini bisa jadi langkah baru dari DC untuk membuat film yang serupa. Meskipun tentunya bakal ada perdebatan tentang style yang baik dari DC. Semoga ke depannya kita dapat menyaksikan lanjutan film Aquaman yang lebih baik.

Penulis: Aru Akasa


Jangan Lupa Like FP kami: Meongeden.com
Jangan Lupa Komentar

 

No comments:

Post a Comment