Saturday, February 15, 2020

Stop Mencela Tulisan Sesama Nakama One Piece



Salah satu kebiasan positif dari komunitas One Piece adalah menulis. Kadang mereka menulis berita, opini dan fan fiction. Kita dapat menemukannya di berbagai media sosial, forum dan website. Semuanya ditulis mulai dari professional dan amatir, serta penggemar baru dan penggemar lama. Terlepas dari kualitas tulisannya ini menunjukan banyak penggemar One Piece berminat menulis.

Mencela tulisan

Namun, ada sedikit fenomena tidak mengenakkan. Beberapa kali saya menemukan ada seseorang mencela tulisan nakama lain, kadang dengan sangat kasar dan tak beradab. Mulai dari bilang tulisannya ngawur, tulisannya jelek, bahasanya nggak jelas, disuruh berhenti menulis sampai dikatain pemburu duit dan trafik. Hal ini hampir tersebar di semua jenis tulisan dengan berbagai masalah masing-masing.

Penulis berita biasa kita temukan di forum-forum One Piece. Menulis berita terkait One Piece. Beberapa berita biasanya tidak jelas sumbernya dan ada juga salah peliputan seperti kasus foto Eiichiro Oda yang ternyata foto pencipta Eiji Aonoma. Kadang ada yang berkomentar menjelaskan ada juga yang malah menuduh menebar hoax, padahal kemungkinan hanya salah peliputan.

Penulis opini mungkin yang paling banyak, sekaligus yang paling banyak dicela. Kadang ada yang berteriak opininya ngawur, ada yang teriak ngapain bahas opini, teori nggak masuk akal dll. Namun, kadang ada yang tidak mengerti juga arti opini dan malah mengatakan hoax. Padahal orang tersebut sudah menjelaskan bahwa tulisannya opini, teori dan spekulasi.

Ada juga penulis opini yang mungkin penggemar baru atau lupa beberapa fakta One Piece. Apalagi mengingat dunia One Piece sangat luas sekali. Jadi, wajar jika penggemar lupa beberapa fakta. Masalahnya kadang ada orang yang mencela dengan sebutan penggemar karbitan, sok tahu dan sejenisnya.

Ada juga orang -orang yang menulis kisah fan fiction. Kisah fiksi yang mengambil bagian-bagian dunia One Piece. Kita jarang mungkin menemukannya di forum penggemar, tapi cukup banyak di platform menulis. Kadang mereka menyebarnya di sosial media dan forum penggemar, namun ada yang mencelanya sebagai cerita One Piece nggak nyambung, hoax, dll. Padahal sudah jelas yang mereka tulis adalah fan fiction yang jelas memang tidak berhubungan lain.
  
Salahkah dapat uang dari hobi?

Sering juga saya menemui para nakama yang mencari sedikit rupiah dengan menulis. Mereka menulis di platform menulis berbayar atau blog dengan iklan. Mereka kadang diteriaki sebagian pencari trafik atau kejar setoran, serta beberapa komentar lain. Padahal tidak ada salahnya menulis karena hobi.

Tiba-tiba berhenti menulis

Celaan-celaan begini jika pada penulis yang telah kuat dan berpengalaman, tentu tidak apa-apa. Terutama karena mereka menganggapnya hal biasa. Namun, menjadi bermasalah jika mereka adalah penulis amatir dan pemula, kadang mental mereka belum kuat. Tidak heran kadang saya menemui penulis yang tidak lagi menulis karena hal ini.

Saja menemukan menurunnya jumlah tulisan di forum-forum one piece. Tulisan, terutama opini tidak sebanyak dan sesemangat dulu. Hal ini tidak heran karena budaya saling mencela tulisan masih menjadi kebiasaan sebagian nakama dan beberapa nakama tidak berhenti melakukan hal ini, bahkan dengan sangat kasar.
  
Solusi terbaik

Masalah ini tentu saja tidak boleh dibiarkan kebiasaan baik seperti menulis para nakama. Jika terus dibiarkan para penulis di kalangan nakama One Piece akan terus menurun. Bagi sebagian hal tersebut mungkin bukan urusannya, namun bagi sebagian orang lain hal ini menjadi ajang pembelajaran tak langsung.

Salah satu solusi adalah membantu membantah celaan-celaan nakama atau melakukan peneguran. Nakama juga manusia yang senantiasa salah, namun kesalahan seperti ini tentunya tidak dibiarkan berlarut-larut. Jika mereka tidak pernah ditegur, kebiasaan buruk mereka akan mereka anggap baik dan melakukannya terus-menerus.

Solusi yang paling penting adalah sadar diri sendiri dan mengurangi kebiasaan celaan seperti ini.  Jika para nakama yang hobi mencela tulisan orang lain, sadar akan perbuatannya memberikan dampak negatif. Ini solusi paling efektif, karena nakama yang hobi mencela sebenarnya adalah sumber masalahnya.
  
Perlunya para admin forum-forum One Piece untuk menegaskan masalah ini.  Kadang ada orang yang dicela dan dibully habis-habisan, tapi admin malah diam. Lebih sedih lagi yang jika yang dibully yang dianggap ngawur malah yang diusir oleh admin. Bagi admin yang membaca ini harap pertimbangkan aturan untuk para pencela tulisan.

Oleh karena itu, masalah ini harus dipikirkan oleh para nakama One Piece, mengingat kebiasaan menulis ini sungguh sangat baik. Banyak yang mungkin tidak sadar manfaat besar dari tulisan sederhana di forum-forum seperti ini. Selanjutnya mungkin saya akan menulis manfaat yang tidak disadari tersebut. 


Penulis: Aru Akasa

Jangan Lupa Like FP kami: Meongeden.com dan Meonganimanga
Jangan Lupa Komentar

No comments:

Post a Comment