Saturday, February 22, 2020

Review Pegasus Market: Kombinasi Komedi Absurd, Emosional dan Kreatifitas


Jika bicara soal komedi biasa, mungkin Pegasus Market tidak termasuk di dalamnya. Bagaimana tidak, drama korea yang satu ini benar-benar komedi yang luar biasa. Tidak hanya membuat anda tertawa dan kadang menangis. Drama ini juga penuh dengan pesan-pesan moral dan kreatif yang dibumbui perjuangan mengelola sebuah super market.

Pegasus Market atau Cheonrima Market sendiri mengambil judulnya dari patung ikonik yang terdapat di atas super marketnya. Sebuah patung kuda yang dikendarai seseorang. Terlihat super market tersebut berdiri di perempatan jalan. Menariknya tampilan luar, ternyata berbanding terbalik di bagian dalamnya. Awalnya di dalamnya merupakan sebuah supermarket tidak terurus.

Awal yang Absurd

Diawali dengan sebuah kisah dimana Jung Bok Dong dimutasi lantaran tidak setuju dengan ide direkturnya yang Absurd. Bagaimana tidak, ide gila direkturnya adalah ingin memproduksi massal krim penumbuh rambut di kap mobil. Sontak Jong Bok Dong marah-marah kepada direkturnya. Direkturnya juga mengakui bahwa ia hanya menguji anak buahnya. Akan tetapi, tiba-tiba datang kabar kalau krim penumbuh rambut di kap mobil malah laku dan viral.

Selanjutnya karakter Moon Seuk Gu muncul, pria culun, rajin dan polos ini tidak menyangka akan di kirim ke Cheonrima Market. Awalnya, ia begitu bersemangat, namun hal tersebut buyar seketika  ia masuk ke dalam. Ia menemukan sebuah pasar dengan pengelolaan terburuk. Ia sangat kecewa sampai datanglah Jung Bok Dong.

Merekrut Orang

Jung Bok Dong kepalang kecewa dengan sang direktur yang membuatnya di mutasi ke Cheonrima Market. Ia berencana membuat kekacauan dengan membuat semakin kacau super market tersebut. Kekacauan pertama yang berencana dibuatnya merekrut orang secara sembarangan. Karena itu, Jung Bok Dong menyebar lowongan kerja.

Kertas lowongan kerja ditiup oleh angin dan sampai ke tangan beberapa orang. Sampai hari wawancara kerja, dimana jung bok dong menerima semua orang. Mulai dari dua orang yang terlihat biasa, preman yang awalnya datang untuk memalak malah diberi kerja, yang lebih absurd lagi adalah suku tidak jelas  bernama bbaya yang seluruh anggota sukunya diterima.

Tidak Hanya Absurd

Pegasus market bukan hanya mengandalkan komedi absurnya, namun juga sisi emosional dan pesan moral. Pesan moral dibalik hampir gagalnya festival yang diadakan cheonrima market, dimana suara penyanyinya benar-benar jelek. Namun, tersembunyi pesan perjuangan seorang ayah yang sedang berjuang untuk anaknya.

Tidak sampai disitu, terdapat juga pesan moral dibalik penjual souvenir yang diundang oleh Jon Bok Dong masuk menjual di Pegasus market. Dimana biasanya orang akan mengusir penjual yang menghalangi jalan seperti penjual tersebut. Ternyata terungkap penjual tersebut sedang berusaha menjual souvenir dari sebuah pabrik yang gagal. Adegan tersebut begitu emosional.

Adapun kelebihan dan kelemahan Pegasus market sebgai berikut:

Kelebihan

Musik yang Sangat menarik

Tidak bisa dipungkiri berbagai musik yang digunakan dalam drama ini benar-benar ikonik. Mulai dari musik suku bbaya yang dari Bahasa tidak jelas dan harus pakai subtitle, namun meninggalkan kesan sangat unik. Sampai musik penjelasan tentang judul mi instan yang sangat menyentuh, padahal awalnya judulnya terdengar absurd. Hebatnya lagi, lagunya dinyanyikan dengan berbagai genre, namun masih sama-sama terdengar bagus.

Pesan tersembunyi

Hal yang paling menarik adalah bagaimana beberapa peran memiliki pesan tersembunyi. Kim gyu ri yang sering disebut-sebut mirip IU menggunakan tag name IU saat disuruh menggunakan nama orang asing. Kang hong suk yang berperan jadi pegawai memakai pakaian malaikat maut mirip dengan perannya di hotel de luna, sempat disinggung.

Desain Kaos Kreatif

Banyak hal kreatif dalam film ini, terutama menyinggung soal dunia industri. Salah satu yang cukup unik adalah desain kaosnya. Kaos merah yang digunakan pegawai Cheonrima Market benar-benar sangat kreatif. Kaos juga tersebut terlihat dibagikan ke beberapa pegawai paruh waktu yang bertugas membagi pamphlet.

Jika anda melihat terdapat simbol kerajaan di tengahnya dikombinasikan dengan warna merahnya yang berarti pakaian raja. Hal ini menyiratkan arti bahwa pegawai adalah raja, menyinggung soal pegawai yang kadang dianggap rendahan. Selain nilai kritik sosialnya, desain kaos tersebut benar-benar indah dan pas.

Kelemahan

Karakter tiba-tiba menghilang

Pegasus market memiliki sisi negatif yang sangat besar yaitu karakter yang tiba-tiba menghilang. Yeon woo pemeran kwon Ji Na yang tiba-tiba menghilang di sekitar bagian akhir. Padahal perannya merayu Seok Goo seolah belum selesai. Saya juga tidak merasa ada penjelasan dalam hal ini di bagian dramanya.

Oleh karena itu, kami sangat merekomendasikan drama Pegasus market bagi yang belum pernah menonton. Semoga pemaparan singkat kami memberikan sedikit gambaran tentang drama Pegasus Market. Adapun kekurangan kami dalam menyampaikan harap di maafkan. Anda juga jangan lupa untuk berkomentar.

Penulis: Aru Akasa

Jangan Lupa Like FP kami: Meongeden.com
Jangan Lupa Komentar

No comments:

Post a Comment