Wednesday, February 12, 2020

Review Kamen Rider Ryuki: Battle Royal Ala Kamen Rider


Jika ada yang bertanya Kamen Rider paling brutal di era heisei? Hampir pasti mereka akan menjawab Kamen Rider Ryuki. Pertarungan antara 13 rider memang amat tragis, dimana hanya tersisa satu Kamen Rider yang dijanjikan oleh Kanzaki Shiro akan dapat mengabulkan keinginan sang pemenang. Tidak salah Jika Kamen Rider Ryuki disebut Kamen Rider battle royal.

Konsepnya cukup menarik, para Kamen Rider tidak hanya bertarung melawan sesamanya tapi juga monster dari mirror world. Mirror world yang merupakan sebuah dunia dibalik kaca di dunia nyata. Tempat yang menyembunyikan banyak monster pemakan manusia. Namun, para kamen rider juga mendapat kekuatan dari mengontrak monster tersebut.

Tokoh Utama

Tokoh utamanya cukup menarik bernama shinji kido yang merupakan seorang wartawan pemula. Sering kena sial (mulai dari motor rusak, kebakaran, kena serangan, dll) namun dirinya tetap semangat. Ia terlihat sangat naif dan ingin menghentikan pertarungan antar kamen rider dan hanya ingin fokus mengejar monster.

Untung saja, ia berteman dengan kamen rider knight atau ren akiyama yang kadang membantunya (kadang juga berantem). Dua karakter mereka cukup berlawanan, dimana ren sedikit pendiam dan hebat melakukan sesuatu. Namun, kerja sama mereka juga cukup baik. Meskipun terkadang penggemar menganggap Ren yang tokoh utama.  

Monster Cermin

Monster Cermin adalah musuh di Kamen Rider Ryuki, dimana mererka menyerang manusia. Mereka juga memiliki tanda khusus. Setiap menyerang manusia di dunia cermin akan terdengar suara khasnya. Suara yang terdengar dering yang cukup aneh. Para Rider yang mendengarnya segera berusaha masuk ke dalam dunia cermin.

Jika sudah mengalahkan monster, para monster yang telah dikontrak memakan monster yang dikalahkan. Monster yang telah dikontrak akan menjadi simbol dari sang kamen rider. Mereka tidak akan menyerang orang yang terikat kontran dengan mereka. Kecuali, mereka tidak diberi makan monster lain atau deck penyimpan kartu rusak.

Kanzaki Shiro

Misteri lain yang harus dipecahkan adalah Kanzaki Shiro yang hobi muncul di kaca. Ia akan muncul dengan sedikit ceramah dan diakhiri kata “bertarunglah” kepada hampir semua rider yang ada. Ia merupakan kakak dari kanzaki Yui.
Ia juga membuat sebuah Rider non manusia yaitu Kamen Rider Odin untuk melawan para Rider manusia. Salah satu kekuatan terhebatnya adalah time vento yang dapat mengubah waktu. Tidak heran karena ia merupakan pencipta dari deck Kamen Rider.

Alat Kamen Rider

Setiap jurus kamen rider berbentuk kartu yang dimasukkan pada alat tertentu. Katu-kartu tersebut akan memberikan kekuatan atau senjata tertentu kepada sang Rider. Tidak heran aksi setelah memasang kartu menjadi bagian paling bagus dari serial ini. Tiap kartu juga menunjukan kekuatan dan design sesuai dengan monster yang dikontrak oleh rider.

Kamen Rider Ryuki juga sekaligus menjadi Kamen Rider dengan alat berubah yang mengeluarkan suara. Suara tersebut terdengar seperti suara orang berbicara dan hanya muncul pada waktu tertentu saja. Biasanya saat memasang kartu ke alat tersebut. Hal ini selanjutnya berpengaruh pada serial Kamen Rider selanjutnya.
Kelebihan dan kelemahan kamen rider ryuki adalah sebagai berikut:

Kelebihan

Kelebihan pertama. rider yang sangat banyak dengan karakter masing-masing. Setiap karaktenya memiliki jati diri masing-masing yang kuat. Shinji Kido yang semangat, naif dan sering ketiban sial. Ren Akiyama yang keren tapi dingin. Shuichi kitaoka atau kamen rider zolda yang seorang pengacara licik yang sering menipu orang. Masih banyak rider lain yang punya sifar dan kisah masing-masing.

Kelebihan kedua, Design yang sangat unik. Monster dan kamen rider sama-sama menggunakan motif hewan. Beberapa monster memiliki motif sama dengan ciri khas berbeda. Design kamen ridernya dibuat sesuai mungkin dengan hewan yang dijadikan ikonnya dan memiliki alat penyimpan kartu. Tidak heran banyak yang menyebut Kamen Rider Ryuki sebagai kamen rider dengan desain terbaik.

Kelemahan

Kelemahan pertama, Ren akiyama yang memenangkan pertarungan antar kamen rider. Jika melihat bagian akhir cukup mengecewakan penggemar. Banyak yang beranggapan seharusnya Shinji Kido sebagai pemeran utama yang memenangkan battle royal tersebut. Malahan ada yang protes kenapa judulnya tidak diganti sekalian dengan Kamen Rider Knight.

Kelemahan kedua, Munculnya Rider tidak di serial. Hal ini mungkin bagian yang paling mengecewakan. Terutama harusnya semua rider ditampilkan dalam serial malah ditayangkan dalam movie. Lebih mengecewakan lagi ada kabar beredar bahwa beberapa desain kamen rider tidak sempat ditayangkan di movie dan serial, tapi hanya di livestage.

Pemaparan di atas mungkin cukup untuk menjadi gambaran singkat dari serial Kamen Rider Ryuki. Semoga anda setidaknya sedikit mengerti soal Kamen Rider Ryuki dari gambaran di atas. Kami sangat merekomendasikan serial Kamen Rider Ryuki bagi yang belum menonton. Bagi mereka yang sudah mungkin dapat mencoba menonton kembali.


No comments:

Post a Comment