Tuesday, February 11, 2020

Review Kamen Rider Kuuga: Prajurit Pertama Era Heisei


Sejak terakhir Kamen Rider Black RX, selama bertahun-tahun tidak ada serial Kamen Rider. Sampai akhirnya januari tahun 2000 Kamen Rider Kuuga akhirnya tayang. Tidak heran ia disebut sebagai prajurit pertama era heisei di dunia Kamen Rider. Penggemar serial kamen rider kembali mulai bangkit.

Desain Kamen Rider Kuuga

Desain Kuuga juga ditampilkan dengan inovasi desain baru. Meskipun bukan lagi tema serangga. Namun mata atau visornya mirip belalang. Tubuhnya berwarna merah dengan mengambil desain tubuh manusia yang seolah terlihat bukan otot tapi besi. Desain kepalanya juga terlihat khas terlihat seperti tanduk. 

Ada juga yang bilang desain Kuuga mirip dengan Naga. Hal ini merujuk dengan desain form Agito yang disebut sebagai Dragon eyes karena keduanya dianggap mirip. Walaupun sebenarnya naga atau Dragon hanya salah satu form Kuuga, dimana ketika berubah jadi berwarna biru.

Prajurit Masa Lalu

Mengambil tema prajurit masa lalu. Yusuke Godai sang tokoh utama mendapatkan sebuah belt dari reruntuhan kuno. Ia kemudian berubah menjadi Kamen Rider Kuuga. Ia terus berjuang melawan makhluk yang bernama Gurongi yang sedang mempermainkan nyawa orang-orang tidak berdosa lewat permainan misterius.

Awalnya Kuuga dianggap sebagai ancaman dengan nama unidetified life form atau Mikakunin Seimeitai dengan nomor 2 dan 4. Beberapa kali, ia mendapat serangan dari anggota kepolisian sampai ia dapat bekerja sama dengan Kaoru Ichijo. Mereka sedikit demi sedikit mengumpulkan kepercayaan kepolisian untuk bersama melawan ancaman Gurongi.

Bangsa Guronggi

Bangsa Gurongi sendiri merupakan bangsa dari masa lalu yang merupakan musuh dari manusia. Mereka memberikan penggilan kepada manusia sebagai Linto. Mereka terlihat memainkan sebuah permainan yang awalnya dianggap misterius. Permainan tersebut punya pola sendiri dan mengincar nyawa manusia sebanyak-banyaknya. Tujuan dari permainan tersebut juga adalah menjadi pemenang dan menantang sang raja Gurongi Daguva Zeva.

Desain Gurongi juga cukup bagus dengan mengambil tema hewan. Hal yang lebih berkesan lagi adalah bangsa Gurongi memiliki bahasa sendiri. Meskipun sesekali mereka berbahasa jepang mencoba meniru bangsa Linto. Mereka juga memiliki sebutan tertentu tergantung dari angota mana mereka berasal. 

Ada dua gurongi yang memiliki desain cukup menarik yaitu Go-Badaa-Ba dan Zu-Badzu-Ba jika dilihat sepintas keduanya menggunakan desain belalang, sehingga tidak heran meraka disebut-sebut mirip dengan Kamen Rider Ichigou dan Niigou. 

Ciri Khas Lain mereka juga menggunakan selendang yang masing-masing berwarna putih dan merah. Tidak heran mereka juga dihubung-hubungkan dengan jenis monster yang ada di Kamen Rider Agito yaitu lord atau Unknown. Sebagaimana Ciri Khas Lord yang menggunakan selendang berwarna tertentu.

Produser dan Aktor

Selain desain yang cukup menarik, produser dan aktor juga terlihat cukup menarik. Produsernya adalah Shigenori Takatera yang juga mengerjakan Kamen Rider Black dan Black RX. Aktor pemeran utamanya adalah Joe Odagiri yang saat itu masih seorang aktris baru, sekarang tentunya sudah sangat terkenal.

Selanjutnya, kita bahas kelebihan dan kelemahan serial kamen rider kuuga sebagai berikut:

Kelebihan

Kelebihan pertama, Aksi yang luar biasa. Aksi bertarung ditampilkan dengan baik, bahkan tiap form menunjukan dengan jelas kekuatannya. Belum lagi aksi pertarungan bermotor antara Kuuga dan Go-Badaa-Ba yang bisa di bilang benar-benar menunjukan jati diri Kuuga sebagai kamen rider. Tidak heran pertarungan bermotor sering diharapkan penggemar muncul dalam Kamen Rider. Meskipun beberapa Kamen Rider kadang tidak menampilkannya dengan berbagai alasan.

Kelebihan, kedua, Karakter tokoh utama yang diperankan dengan baik. Bisa dibilang Joe Odagiri memerankan karakter Yuusuke Godai dengan sangat baik. Tidak heran, hal tersebut lahir dari hubungan intensif sang produser Shigenori Takatera dan Joe Odagiri. Keduanya segaja menyesuaikan karakter tersebut dengan jati diri Joe Odagiri.

Kelemahan

Kelemah paling besar dari seri ini ialah Kekurangan penggambaran kekuatan N-Daguva-Zeba. Saat pertama kali muncul penggambarannya memang sangat seram dan misterius. Namun, semakin ke belakang terlalu banyak bagian yang dihilangkan. Misalnya bagaimana ia membunuh para gurongi yang lain dan pertarungannya dengan gurongi kelelawar.

Pemaparan di atas mungkin memberikan anda gambaran singkat tentang serial tokusatsu Kamen Rider Kuuga. Semoga ulasan di atas setidaknya memberikan sedikit tentang Kamen Rider Kuuga. Tak lupa serial ini direkomendasikan bagi yang belum pernah menontonnya dan bagi yang sudah untuk menonton kembali.

Penulis: Aru Akasa


No comments:

Post a Comment