Saturday, February 29, 2020

Review Kamen Rider Blade: Kamen Rider yang Hidup dari Gaji



Salah satu Kamen Rider yang menggunakan konsep kartu adalah Kamen Rider Blade. Lebih tepatnya lagi, mereka menggunakan gabungan konsep, yaitu serangga dengan 4 simbol kartu poker. Tidak heran Kamen Rider blade disebut salah satu kamen rider yang mengusung desain inovatif dengan 2 konsep. Apalagi desain serangga memang sering dianggap sebagai desain utama Kamen Rider mengingat Kamen Rider Ichigo yang menggunakan belalang.

Kisah Dunia Blade

Kamen Rider Blade berkisah tentang dunia yang memiliki makhluk di masa lalu yang disebut undead. Mereka telah ada sejak ribuan tahun yang lalu saat bumi diciptakan dan saling bertarung menjadi undead terkuat. Dari namanya kita dapat mengetahui bahwa makhluk tersebut tidak bisa mati dan hanya dapat disegel dalam kartu.


Setelah disegel dalam kartu ternyata beberapa dari mereka lepas, sehingga dibentuklah Board. Badan yang bertugas meneliti dan menyegel mereka. Board akhirnya menciptakan rider sistem untuk menangkap mereka satu persatu. Rider sistem juga dapat menggunakan kekuatan dari kartu untuk menjadi jurus tertentu.

Awal Kisahnya

Karakter utamanya adalah Kazuma Kenzaki, sang pengguna belt Kamen Rider Blade. Suatu hari ia mendapati kehancuran di laboratorium milik board. Hal itu juga berdampak kepada kehidupan pribadinya karena gajinya dari board tidak cukup dan harus di usir dari kostnya. 

Akhirnya, ia bekerja sama dengan Kotaro Shirai yang seorang penulis dan tinggal di rumahnya. Sebenarnya, Kenzaki digaji beberapa bulan sebagai pegawai dan ada suatu adegan gajinya diberhentikan sama sekali.

Rumah Kotaro Shirailah yang menjadi tempat mereka. Tentu saja tampakannya jauh dari laboratorium border. Meski dengan alat seadanya mereka berusaha melawan undead. Ditambah dengan Shiroi Hirose, mereka membangun bagian border di rumah kotaro. Mereka biasanya mendapat sinyal dari alat yang mereka bangun, lalu segera meluncur.

4 Kamen Rider

Terdapat 4 kamen rider dengan simbol utama kartu dalam permainan poker. Kamen Rider Blade mewakili Spade digunakan Kazuma Kenzaki. Kamen Rider Garren mewakil diamond digunakan Sakuya Tachibana. Kamen rider Chalice mewakili heart digunakan Hajime Aikawa. Terakhir, Kamen Rider leangle digunakan mutsuki kamijo, pernah juga digunakan Go kiryu.

Adapun Kelebihan dan Kelemahannya sebagai berikut:

Kelebihan

Design Konsepnya Sangat Bagus

Konsepnya sedikit hampir mirip dengan Ryuki, namun ditambahi dengan konsep kartu poker. Menariknya setiap monster atau kaijin memiliki nomor dan urutan sesuai kartu poker. Konsepnya sebenarnya bukan hanya hewan, tapi juga ada tanaman. Menariknya kombinasi serangan mirip seperti kartu poker seperti royal flash, straight flush, dll.

Karakter Monster Wujud Manusia

Karakter monster undead yang berwujud manusia. Beberapa undead tingkat tinggi memiliki wujud manusia. Karakter mereka sebagai manusia juga ada yang baik dan ada pula yang jahat. Ada juga yang hobi bermain curang dan menipu dan ada juga yang hanya ingin bertarung satu lawan satu secara adil. Hal ini menambah kualitas karakter.

Kelemahan

Karakter Utama Kurang Perkembangan. 

Jika dibandingkan dengan yang lain Kazuman Kenzaki tidak mengalami perkembangan karakter yang cukup berarti. Padahal, ia merupakan tokoh utama dari serial ini. Kisahnya hanya ditampilkan sepintas menceritakan keluarganya yang mati dalam kebakaran. Tidak heran karakter ini dianggap tenggelam dengan karakter lainnya.

Bandingkan saja dengan, Tachibana yang mengalami masalah tentang kekuatannya dan hampir kehilangan jati diri. Belum lagi dia harus kehilangan kekasihnya. Menariknya lagi, karakternya malah lebih terkenal karena adegan lucunya di atas yang sering dijadikan meme.

Karakter Hajime yang berusaha berdampingan untuk hidup dengan manusia. Meskipun, ia hidup dengan keluarga orang yang mati di depannya. Mutsuki yang harus hidup bertarung dengan dirinya sendiri melawan kekuatan undead laba-laba yang menjadi dasar Leangle, bahkan beberapa kali ia berubah menjadi karakter jahat.

Kamen Rider Leangle Tak Dapat Perkembangan Form. 

Jika kita memperhatikan dengan seksama Kamen Rider Leangle tidak mendapatkan form baru seperti lainnya. Sehingga penggemar sedikit kecewa. Apalagi ketika Mutsuki berhasil melawan undead jahat dalam dirinya, banyak penggemar setidaknya ingin sekali melihatnya mendapat perubahan form saat itu. Ada juga yang berpendapat Leangle sudah terlalu kuat di awal.

Mungkin itu sepintas gambaran soal serial Kamen Rider Blade. Semoga dapat memberikan sedikit pemahaman tentang serial ini. Kami sangat merekomendasikan serial ini bagi yang belum menonton. Bagi yang sudah mungkin dapat mencoba menonton kembali.

Penulis: Aru Akasa

Jangan Lupa Like FP kami: Meongeden.com
Jangan Lupa Komentar

No comments:

Post a Comment