Tuesday, February 4, 2020

Review Awal Bofuri: Pahlawan Perisai yang Imut (Peringatan Spoiler)



Anime dengan mengangkat tema game saat ini sedang digandrungi. Apalagi game saat ini memang menjadi tren diberbagai kalangan. Tidak heran berbagai cerita membahas tentang dunia game dibuat di berbagai media, tidak terkecuali anime. Salah satu anime yang bertemakan game adalah Bofuri.

Kali ini kita akan melakukan review awal tayangnya anime ini. Anime ini tayang pada musim dingin 2020 di Jepang. Anime ini direncanakan tayang selama 12 episode. Pembahasaan hari ini kita akan membahas episode awal dari Bofuri, yaitu dari episode 1 sampai dengan episode 4. Kita akan melanjutkan sisanya pada pembahasan akhir.

Mengenal Bofuri

Bofuri sendiri merupakan kependekan dari Itai no wa Iya Nanode, Bogyoryoku ni Kyokufuri Shitai to Omoimasu (痛いのは嫌なので防御力に極振りしたいと思います。. Judul Panjang tersebut dapat diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia sebagai Aku tidak suka kesakitan, jadi semua poinku akan kuhabiskan untuk memaksimalkan pertahanan. 

Kisah ini sebenarnya merupakan adaptasi dari light novel. Namun, light novelnya sendiri mendapatkan adaptasi manga terlebih dahulu sebelum menjadi anime. Jadi, visualiasi dalam anime ini sendiri merupakan adaptasi dari manganya. Terlihat dari judulnya yang Panjang sebagai khas adaptasi light novel buatan jepang.

Gadis Imut Berperisai Besar

Kaede Honjou atau yang akrab disapa Kaede. Suatu hari, ia mendapatkan saran dari temannya Risa untuk memainkan game yang bernama New World Online disingkat NWO. Game yang berlatar belakang rpg di dunia fantasi. Kemudian, atas saran tersebut ia pun memainkannya dan merubah Namanya di game menjadi Maple.

Saat masuk bermain, ia menemukan pemilihan senjata pada awalnya. Namun, karena ia sangat takut kesakitan, jadinya ia malah memilih senjata perisai. Ia juga mendapat beberapa poin sebagai pemula. Seluruh poinnya juga dimasukkan ke dalam vitalitas untuk meningkatkan pertahanan. Akibatnya pertahanannya menjadi sangat-sangat kuat.

Ia mendapat pertahanannya yang luar biasa. Menariknya saat bertarung dengan beberapa monster, ia benar-benar tak merasakan sakit yang berarti. Setelah bertarung dengan beberapa monster, ia mendapatkan beberapa skill. Menariknya lagi, meskipun ia hanya tertidur dan diserang monster, ia tetap saja mendapatkan skill.

Pertarungannya tak sampai disitu. Setelah bertemu dengan sesama pengguna perisai dan seorang pembuat perisai. Ia direkomendasikan untuk memasuki sebuah dungeon yang berisi monster yang kuat. Ia dengan mudah membasmi monster yang ada di sepanjang jalan dungeon. Hebatnya lagi, ia akhirnya bertarung dengan bos dungeon dengan sengit sampai hanya mengandalkan gigitan. Ia mendapatkan kemampuan Hydra yang berisi kemampuan racun.

Berturut-turut kemudian terjadi kejadian seru. Terutama ketika, ia memasuki event game yang menuntut pvp. Ia berhasil meraih tempat ketiga. Kemudian, temannya Risa masuk ke game dengan nama Sally berpetualang bersama. Hingga akhirnya mereka masuk ke dalam sebuah event bersama-sama.

Adapun kelebihan dan kelemahan dari anime Bofuri bagian awal ini sebagai berikut:

Kelebihan

Tidak Terlalu Over Power

Beberapa manga, anime atau light novel yang menangkat tema game, biasanya main  karakter dibuat terlalu over power. Saking over powernya cerita menjadi tanpa aksi, ketegangan dan konflik. Bofuri setidaknya mengurangi kekuatan dari Maple. Menariknya pengurangannya sangat sesuai dengan realita yaitu dengan di nerf, sehingga beberapa kemampuannya jadi terbatas.

Mengutamakan Aksi

Pengambaran aksi dari anime ini cukup baik. Misalnya ketika bertarung, Maple dan Sally yang cukup kuat tetap dapat terkena serangan, bahkan Maple sampai terlempar ke batu. Nampak jelas juga ketika mereka berusaha melakukan serangan balasan dengan serangan balasan yang diatur cukup baik. Adegan ketika Mample terlihat kuat juga diberi aksi yang cukup baik, misalnya Maple melawan penyihir dengan Hydra atau Maple yang dipukul kepalanya dengan senjata.

Kelemahan

Bagian yang Terlalu Sederhana

Meskipun anime ini memiliki banyak kelebihan dan aksi yang baik. Namun, ada bagian yang mungkin masih terlihat sederhana, misalnya ketika menemukan ruangan rahasia dalam hutan. Bagian ini sangat sederhana dan biasa. Tidak ada aksi yang menarik sama sekali, sehingga bagian ini terasa agak mengecewakan.

Mungkin sampai sini dulu pembahasaan kita. Selanjutnya, kita akan melanjutkan pembahasan ini di akhir penayangan anime bofuri. Semoga para pembaca dapat menikmati pemaparan kami yang cukup singkat ini. Kami sangat merekomendasikan anime ini kepada para pembaca yang membaca artikel ini.

penulis: Aru Akasa

No comments:

Post a Comment