Thursday, February 13, 2020

Mungkinkah Shiryu adalah Seorang Mata-mata ?



Salah satu pekerjaan yang muncul di dunia One Piece adalah mata-mata. Mereka adalah pekerjaan yang sangat tak terduga munculnya dari mana. Mungkin masih ada yang mengingat ketika CP9 pertama kali muncul. Mereka menyamar sebagai anggota Galley-la. Lantas muncul mencoba merebut salinan dari walikota Water7 sekaligus bos Galley-la, Ice Burg.

Mata-Mata Pemerintah Dunia

CP9 merupakan bagian dari Cipher Pool, mereka merupakan organisasi mata-mata yang dibentuk oleh pemerintah dunia. Itupun organisasi CP9 merupakan kelompok mata-mata terendah di bawah pemerintah dunia. mereka terdiri dari 10 organisasi dari CP0 sampai CP9 (sesuai bola dalam bilyard). Mereka akhirnya keluar dengan wujud baru, dimana beberapa anggotanya naik pangkat jadi CP0 dengan pakaian serba putih.

Meskipun begitu tampaknya mata-mata juga terbagi dalam dua golongan. 1-9 bergerak di bawah nama angkatan laut, sedangkan CP0 langsung dibawah pemerintah dunia dengan kata lain mereka memiliki tujuan berbeda. CP0 juga memiliki nama yang lebih lengkap sebagai Cipher Pool Aegis Zero. Belum ada penjelasan rinci tentangnya tapi kata Aegis juga merujuk sebagai senjata perisai dewa yunani.

Mata-mata untuk Yonkou

Namun, ada yang menarik fenomena kemunculan mata-mata belakang ini, terutama kemunculan mata-mata disekitar Yonkou. Salah satu spekulasi yang beredar di kalangan penggemar adalah adanya mata-mata di setiap kubu Yonkou untuk mengawasi Yonkou. Tentu saja alasannya untuk memata-matai kekuatan dan gerak-gerik Yonkou.

Mata-mata pertama yang mendukung spekulasi ini adalah kemunculan Stussy. Kemunculan Stussy di sisi Big Mom sangat mengangetkan. Apalagi tampaknya Stussy sangat akrab dengan Big Mom sampai memanggilnya dengan sebutan Linlin. Stussy sendiri sudah terbongkar penyamarannya saat mengincar Tamatebako milik Big Mom.

Mata-mata kedua adalah peristiwa ketika X-drake melapor keadaan dari Wano ke angkatan laut. Laporan yang menunjukan bahwa ia merupakan seorang mata-mata angkatan laut, namun ia juga melaporkan soal gerak-gerik CP0 di wano. Dengan kata lain, ia masih termasuk mata-mata di bawah angkatan laut dan berbeda dengan CP0.

Sebenarnya terdapat banyak spekulasi tentang X-drake adalah mata-mata sebelumnya. Terutama dari komentar Kizaru yang seolah sadar mengapa ada perpindahan dari angkatan laut ke bajak laut. Akan tetapi tidak sampai disitu sebenarnya. Ayah dari X-drake juga sering dianggap mata-mata, yaitu Diez Barrel.

Mungkin kita dapat mengingat bahwa Diez Barrel adalah orang yang memberikan ope-ope no mi ke Doflaminggo dan lantas dibunuh. Pembunuhan itu sebenarnya sedikit aneh dimana saat itu X-drake selamat. Sehingga tidak heran hal ini mendukung kemungkinan bahwa bisa jadi Diez Barrel juga merupakan mata-mata Marine yang mati dalam tugas.

Kembali ke spekulasi adanya mata-mata di tubuh Yonkou, masalah ini sedikit diperdebatkan untuk Shank. Terutama karena Shank terlihat menemui Gorosei. Jika Shank berada di kubu pemerintah dunia, tentu saja dia tidak butuh mata-mata. Namun, keberpihakan Shank dengan pertemuannya dengan Gorosei sebenarnya masih belum jelas.

Perekrutan Shiryu

Tersisa tentu saja Kurohige atau bajak laut Blackbeard. Lantas siapakah mata-mata di kubu Yonkou satu ini? Orang yang paling cocok sebagai mata-mata adalah Shiryu (juga dieja Shiliew). Jika kita mengingat kembali perekrutannya di Impeldown sedikit aneh. Anda dapat menyimaknya kembali ke Arc Impeldown.

Jika kita memperhatikan baik-baik masa lalu Shiryu benar-benar sangat aneh, ia hobi membunuh bajak laut yang ada di Impeldown. Hal itu menyebabkannya masuk penjara. Sebelum bergabung dengan Kurohige, Ia sempat bebincang dengan Magellan. Akan tetapi, bagian tersebut jadi tidak jelas seolah dipotong. Seolah kejadian tersebut menyembunyikan suatu rahasia pembicaraan dengan Magellan.

Momen yang Ditunggu

Jika benar Shiryu terbukti sebagai mata-mata, maka ini bakal jadi kerugian besar bagi kubu Blackbeard dan jika ingin kabur pun kemampuannya cukup luar biasa. Apalagi Shiryu juga telah memperoleh kekuatan dari suke-suke no mi. Belum lagi kemampuan berpedangnya yang cukup hebat yang ditunjukannya saat masih sebagai sipir dan saat melarikan diri dari Impeldown.

Tidak heran Jika Spekulasi ini terbukti benar, maka tinggal tindakan Shiryu yang ditunggu. Mungkin dia bakal menyerang sesama anggota Blackbeard atau mungkin bakal ada adegan ia melapor kepada kubu Angkatan Laut. Akan tetapi, masih ada kemungkinan besar, ia menjadi salah satu pengikut setia Blackbeard.

Tak lupa saya tuliskan bahwa pemaparan di atas hanyalah sebuah spekulasi dan opini semata. Jika terbukti, itu hanyalah kebetulan dari hasil tebakan. Jika salah, maka tentu saja karena hal ini hanya spekulasi dan penulis tentunya tak punya andil mempengaruhi cerita One Piece. Semoga kita dapat menyaksikan benar dan salah dari spekulasi dan opini ini.
 

No comments:

Post a Comment