Monday, February 10, 2020

Joe Odagiri Benci Tokusatsu atau Toei? Bagian 2


Sebelumnya kita membahas soal Joe Odagiri yang menolak kembali memerankan Yuusuke Godai. Ada yang menganggapnya tidak bermain karena tidak suka tokusatsu, padahal ia pernah bermain di tokusatsu yang di produseri Shigenori Takatera. Ada juga pendapat, ia akan kembali jika seluruh staff juga kembali. Namun, yang jadi pertanyaan kenapa seluruh staf Kuuga harus kembali.

Kuuga dan Agito Dipaksa Putus

Hal yang paling aneh dari dunia tokusatsu adalah hubungan antara kuuga dan Agito. Sebelum Agito tayang pihak Toei seolah bersikeras kalau keduanya tidak terhubung secara langsung. Staf yang mengerjakan Agito bahkan sampai harus mengeluarkan pernyataan bahwa keduanya hanya terhubung secara dunia paralel.

Satu spekulasi yang cukup kuat adalah keduanya dipaksa putus oleh pihak Toei. Hal yang menguatkan ini adalah sang Produser Shigenori Takatera. Jika kita memperhatikan, ia juga merupakan produser dari Kamen rider Black dan Black RX. Dimana dua seri sebenarnya satu kesatuan dimana Kamen Rider Black atau Kotaro Minami masih menjadi karakter utama.

Mengapa Kamen rider Kuuga tidak dibuat Shigenori seperti Kamen Rider Black ? Jawabannya kemungkinan adalah Shigenori Takatera dipaksa berhenti untuk menjadi produser dari serial tersebut. Akibatnya konsep Kuuga dirubah paksa oleh Toei dan untuk menghindari biaya dari desain Pengaruh Kuuga adalah dengan cukup mengganti sedikit konsep, pemeran dan aktornya.

Hal ini dikuatkan juga dengan kasus kamen rider hibiki yang berganti staf. Shigenori takatera saat itu juga menjadi produser namun tiba-tiba staf dipaksa berganti pada episode 30. Produser yang menggantikan Takatera saat itu adalah Shiniciro Shirakura orang yang juga menjadi produser dari serial Kamen Rider Agito.

Tidak heran berhembus isu kalau keduanya berkonflik. Sampai saat ini shigenori tak pernah lagi menjadi produser dari serial kamen rider setelah Kamen Rider Hibiki. Shiniciro Shirakura sendiri saat ini tengah menjabat sebagai direktur perencanaan dan produksi toei. Tidak heran ada juga beredar isu bahwa Joe odagiri dan Shiniciro shirakura juga terlibat konflik karena kasus tersebut.

Penghapusan Terburu-buru

Salah satu kebiasan Toei adalah jika mereka melakukan perubahan konsep, mereka selalu terburu-buru. Akibatnya, apa yang mereka kerjakan kadang menjadi setengah-tengah. Kita lihat bagaimana mereka merubah henshin Ninja Arashi menjadi Kamen Rider Hibiki.

Sebuah Perubahan yang sangat dipaksakan merubah henshin Ninja Arashi menjadi Kamen Rider Hibiki. Jika kita memperhatikan dengan baik, konsep Kamen Rider Hibiki terlihat sangat tidak mirip kamen rider. Mulai dari perubahan Kamen Rider utama yang tidak menggunakan belt, motor Kamen Rider yang tidak memiliki ciri Kamen Ridernya, sampai konsep sisi gelap Kamen Rider yang tidak dimilikinya.

Begitupun yang terjadi pada Kamen Rider Kuuga dan Agito. Mereka hanya melakukan sedikit perubahan ditambah pernyataan kalau keduanya berbeda, serta mengganti jalan cerita. Bentuk fisik antara Kuuga dan Agito masih terlihat jelas. Guronggi dan Unknown hanya dirubah sedikit dengan menghilangkan Bahasa guronggi dan menambahkan selendang ke Unknown. Mereka juga masih mengandalkan kepolisian sama seperti Kuuga.

Salah satu hal yang cukup samar adalah lukisan yang kita temui di opening. Lukisan ini sendiri pada akhirnya tidak pernah dijelaskan dalam cerita kamen rider agito. Anda akan mendapatkan penjelasan tidak langsung dari arti lukisan jika anda membelinya dari salah satu produk bandai.


Menariknya pada bagian paling bawah anda akan menemukan sebuah gambar cukup aneh. Disana ada dua orang terlihat seperti rider sedang berjalan Bersama manusia. Mereka berwarna biru dan merah, terlihat yang berwarna merah mirip dengan agito dan kuuga meskipun secara samar. Sebelumnya saya telah memasangnya pada artikel Review Kamen Rider Agito: Kisah Mereka yang Mendapat Kekuatan.

Kesamaran bentuk ini cukup menarik seolah menggambarkan kemiripan dengan Kamen Rider Agito dan Kamen Rider Kuuga. Jika kita melihat warna utama yang merah dengan sabuk kuning, maka kemiripannya ke arah kamen Rider Kuuga Rising Mighty. Jika melihat bentuk bahu lengan maka akan terlihat seperti Kamen Rider Agito form Dragon eye’s Flame.

Tak lupa menyebutkan, informasi disini saya peroleh melalui forum penggemar dan sebagian lagi hanya spekulasi dan opini. Berbagai pihak tersebut tidak pernah memberikan pernyataan langsung. Sebagian lagi memberikan pernyataan samar. Informasi ini kembali kepada persepsi sebagai penggemar.

Jadi, Apakah Joe Odagiri benci Tokusatsu atau Toei? dimana pihak toei sendiri benar-benar hobi merubah staf seenaknya. Kasus kamen Rider Kuuga dan Kamen Rider Hibiki bisa dijadikan pelajaran oleh Toei.    

No comments:

Post a Comment