Tuesday, October 8, 2019

Shazam: Lebih ke Arah Film Keluarga (Waspadai Spoiler)


Pertarungan memperebutkan film pahlawan terbaik antara dc universe dan marvel universe selalu menjadi hal yang menarik. Keduanya bersain menjadi pahlawan karya hollywood yang terbaik. Sayangnya dc sering dianggap selalu gagal mengelola cerita pahlawan karena beberapa film yang dirasa kurang berhasil, terutama adaptasi justice league. Sehingga dc dianggap kurang berhasil dibanding marvel.

Banyak penggemar yang bilang, untuk menghasilkan film lebih baik, dc harus membuat cerita dark. Bukan kekanak-kanakan seperti film animasi klasik di dc. Walaupun saya sendiri mengingkari hal tersebut. Terbukti dengan salah satu film marvel menorehkan prestasi yang cukup baik, yaitu shazam, walaupun mengangkat tema anak-anak, bahkan lebih dalam dari itu, tema tentang keluarga.

Mengawali kisahnya dari pencarian billy batson tentang siapa keluarga sebenarnya. Ia terus mencari keluarga sebenarnya, atau mungkin lebih tepatnya ibunya. Di sisi lain shazam mencari sosok pengganti dirinya yang seorang penyihir untuk menggantikan dirinya sebagai penyelamat. Keduanya gagal menemukan apa yang dicarinya dan ter gambarlah film ini dimana keduanya mengambil pilihan yang lain.

Selanjutnya kita akan membahas kelebihan dan kelemahan kisah shazam. Adapun penjelasannya sebagai berikut:

Kelebihan

Kelebihan pertama, Penggambaran arti keluarga yang sebenarnya, benar-benar ditunjukkan film shazam. Dimana billy harus dipindahkan ke sebuah panti asuhan yang dua orang pengelolanya adalah mantan yatim piatu.

Disinilah, ia bertemu dengan saudara-saudaranya yang sesama yatim piatu, meskipun, ada cekcok disana-sini, namun mereka malah membantu billy mencari ibunya, walaupun pada akhirnya ibu billy tetap menolak untuk hidup bersama billy. Sehingga, terlihat jelas siapa keluarga yang sebenarnya dari billy.

Kelebihan kedua, penggambaran ketidak sempurnaan pribadi, namun setiap pribadi pastilah memiliki sisi positif. Satu hal yang salah yang dilakukan shazam sang penyihir adalah mencari orang dengan kesempurnaan hati yang benar-benar murni.

Dr. Sivana adalah orang yang menjadi korban dari pencarian shazam, akan tetapi dia juga adalah orang yang menyadarkan shazam bahwa sang sempurna berhati murni memang tak pernah ada. Meski, ia membunuh sang penyihir shazam, namun juga menjadi jalan terpilihnya billy memperoleh kekuatan shazam.   

Kelemahan

Kelemahan pertama, Menyinggung sedikit kasus captain marvel. Kasus lama yang mungkin sengaja diangkat kembali dalam film ini. Karakter shazam aslinya bernama captain marvel, namun mereka berebut hak penggunaan nama tersebut di pengadilan, namun mereka kalah dengan pihak marvel. Akhirnya, kapten marvel milik dc berganti nama menjadi shazam.

Jika anda memperhatikan film shazam dengan baik anda akan menemukan adegan yang menyinggung hal tersebut. Ada bagian di film tersebut ketika shazam memplesetkan nama captain marvel, menjadi zaptain marvel. Pada bagian mencari nama yang sesuai untuk shazam.  

Kelemahan, kedua Beberapa adegan ternyata dipotong dan diganti. Beberapa adegan tersebut, bahkan tersebar di internet. Terutama pemotongan dan penggantian shazam yang menyelamatkan orang dari kinci angin, banyak yang berpendapat adegan tersebut lebih bagus dari yang dipasang di film.

Adegan lain yang dipotong adegan ketika semua shazam sedang duduk di atas singgasana. Mereka bingung masih ada satu singgasana yang tidak terisi. Ada penggemar yang berspekulasi bahwa shazam selanjutnya akan membahas kemungkinan pemilik dari singgasana yang kosong tersebut. Namun, hal tersebut hanya spekulasi tak jelas dan video tersebut dipotong dari filmnya.

Oleh karena itu, meskipun banyak kelemahan dalam film ini. Hikmah yang digambarkan memang benar-benar bagus dan sangat menyentuh. Bisa dibilang shazam bukan hanya film hero yang baik, tapi juga film keluarga. Saya sangat merekomendasikan film ini.                            

No comments:

Post a Comment