Wednesday, October 23, 2019

Boku no Shippo To Kagurazaka: Hubungan Kuat manusia dan Hewan Peliharan

“Dalam zaman modern jepang saat ini, satu dari tiga penduduknya memelihara kucing atau anjing. binatang lebih dianggap sebagai keluarga sendiri dibanding hewan peliharaan. Inilah kisah seorang dokter hewan muda yang berjuang sebaik mungkin. Demi melindungi nyawa berharga mereka bersama rekan-rekannya” kata moderator drama yang muncul dalam setiap episodenya.

Bisa dibilang komentar moderator tersebut menjadi penggambaran indah dorama tersebut. Dimana para binatang digambarkan memang seperti keluarga yang sangat berharga. Tidak heran drama ini mendapat rating yang cukup tinggi di jepang, karena memang mengangkat realita yang lekat dikalangan orang jepang, mungkin juga realita bagi beberapa pemilik hewan.

Kisah ini berkisah tentang Tatsuya yang merupakan seorang dokter hewan yang tiba diberi tanggung jawab menjaga sebuah klinik dokter hewan. Pemiliknya sendiri sedang pergi berlibur, namun kadang ia kembali sesekali. Klinik itu sendiri cukup banyak masalah, mulai dari rencana penggusuran, fasilitas kurang lengkap dan kekurangan orang.

Tatsuya diperankan oleh masaki aiba yang merupakan salah satu anggota boy band arashi. Tentunya kita tak perlu meragukan sejauh mana kemampuan aktingnya. Ada juga ryoko hirosue yang memerankan tokoh wanita yang menjadi asisten di klinik Tatsuya.

Judulnya drama boku no shippo to kagurazaka yang dapat berarti ekor hewan milikku bersama kagurazaka. Drama ini juga memiliki judul dalam bahasa inggris sebagai sakanoue animal clinic story.  Drama ini merupakan adaptasi dari manga jepang dengan judul bahasa jepang yang sama. Sedangkan nama bahasa inggris diambil dari nama klinik yang dikelola oleh Tatsuya.

Setting tempatnya yang tertera di judul juga, bukan tempat sembarangan, tempatnya adalah salah satu kompleks tua di sekitar tokyo yaitu kagurazaka. Tempat yang merupakan kompleks yang cukup kuno dimana terdapat bagunan zaman edo dan tempat tinggal beberapa geisha. Tidak heran terdapat beberapa karakter geisha.

Karakter dalam cerita ini juga cukup menarik. Terdapat 3 geisha yang merupakan ibu Tatsuya, takako dan temannya sebagai geisha yaitu mamefuku dan suzume. Perawat tokiwa dan anaknya daichi. Sahabat Tatsuya yang telah lama berteman nakura. Dokter yang menitipkannya klinik hewan dokter tokumura. Serta masih banyak yang lainnya.

Kisah sebagian besar adalah kehidupan sehari-hari Tatsuya yang mengelola klinik titipan dokter tokumura. Mulai dari melayani pasien dan merekrut anggota, ditambah kehidupan sehari-hari dari Tatsuya bersama karakter lain. Namun, ada tiga adegan yang cukup berkesan.

Pertama, kisah Tatsuya yang harus menghadapi beberapa kematian dari hewan yang dirawatnya. Beberapa hewan gagal diselamatkannya, meskipun telah di operasi dan menghadapi kesulitan. Bahkan, mengambil operasi yang memiliki kemungkinan sangat besar untuk gagal.  

Kedua, bagaimana Tatsuya menerima perasaan dari pasien. Biasanya Tatsuya memegang tangan dan memejamkan mata dan berkata kepada pasien yang sedang panik, bahwa ia telah menerima perasaan dari pasien tersebut.

Ketiga, kisah jembatan pelangi yang selalu diceritakan Tatsuya. Ini mungkin bagian paling emosional dalam drama ini. Biasanya untuk peliharaan yang mati, Tatsuya menceritakan sebuah jembatan dimana peliharaan yang mati akan menemui tuannya. Jembatan tersebut terbentuk seperti pelangi.

Keempat, Tatsuya yang bertemu kembali dengan saudara tirinya. Saudara tirinya adalah yuriko osawa yang merupakan ibu salah seorang yang membawa hewan peliharaannya ke kliniknya, yaitu kako osawa.

Kelebihan
Setiap kisah pasti memiliki kelebihan dan kelemahan, tidak terkecuali kisah ini. Kelebihan dari kisah ini adalah terdapat bagian-bagian emosional yang menggambarkan secara jelas bahwa hewan peliharaan bukan sekadar binatang, namun juga bagian keluarga. Apalagi penggambaran dari pemilik yang hewan peliharaannya mati dan terpaksa harus melepas kepergian hewan kesayangannya.

Kelemahan   
Kelemahan terbesar dari drama ini mungkin adanya bagian yang tidak terlalu penting misalnya adegan kunjungan rumah dan mabuk-mabukannya Tatsuya. Adegan kunjungan rumah secara bergantian dari karakter lain. Adegan mabuk-mabukannya dengan nakura yang kadang bicara asal-asalan, namun ada juga adegan yang menarik ketika mabuk-mabukan seperti ketika nakura menceritakan kisah tentang ponta.

Oleh karena itu, berdasar dari pemaparan diatas saya sebagai penikmat drama boku no shippo kagurazaka amat sangat merekomendasikan drama ini. Apalagi bagi penggemar drama slice of life dan bertemakan binatang peliharaan, serta mereka yang senang dengan kisah dengan bagian emosional. Semoga anda dapat menikmati drama ini.

Penulis: Aru Akasa

No comments:

Post a Comment