Thursday, October 10, 2019

A Hideo Kojima Game: Sebuah Dedikasi dan Tanggung Jawab

Nama hideo kojima mungkin sudah tidak asing lagi di telinga penggemar. Namanya saat ini begitu melejit berkat game terbarunya death stranding. Game yang direncanakan rilis pada tanggal 8 november nanti (artikel ini ditulis pada tanggal 3 oktober 2019).

Biasanya ketika merilis sebuah game hideo kojima akan memberinya sebuah label bertuliskan “ A hideo kojima game”. label yang menandakan bahwa karya tersebut merupakan karya hideo kojima. Beberapa game yang menggunakan label tersebut. Termasuk game besutannya ketika masih bekerja di konami, metal gear.

Beberapa waktu lalu label ini sempat kembali menuai kontroversi. Halaman berbahasa inggris dari hideo kojima mengungkapkan bahwa “A hideo kojima game” hanya diberikan kepada game dimana kojima berpengaruh besar terhadap proses pembuatannya. Namun, banyak orang langsung berprasangka buruk bahwa hal tersebut merupakan bentuk kesombongan dan One man show dari hideo kojima. Hideo kojima mendapatkan berbagai cuitan balasan dengan nada negatif.

Namun, hal ini juga terasa amat janggal, sehingga kemungkinan adanya kesalahpahaman sangat besar. Terutama hideo kojima dikenal tidak terlalu lancar berbahasa inggris dan hanya menggunakan bahasa jepang saja. Kesalah pahamannya kemungkinan dari pemaknaan terjemahan dari cuitan berbahasa jepang ke bahasa inggris.

Hal ini juga dijelaskan oleh salah satu akun twitter naomi clark tentang perbedaan terjemahan dari bahasa jepang ke bahasa inggris. Jika dilihat baik-baik, penjelasan tersebut untuk memperjelas bahwa konami sendiri tidak dapat menggunakan lagi “ a hideo kojima game” dan label tersebut tidak termasuk jika game tersebut sebagai proyek kolaborasi dengan kojima. Jadi, penjelasan tersebut lebih ke arah penjelasan tentang penggunaan label tersebut dalam memproduksi game.

Namun, banyak yang tidak sadar label itu memiliki arti lain bagi hideo kojima. Label tersebut merupakan bukti dedikasi dan tanggung jawabnya memimpin kojima production. Bisa dibuktikan dengan video di balik layar metal gear solid 4 atau yang juga diberi judul hideo kojima gene.

Disana digambarkan bagaimana hideo kojima membuat game metal gear solid 4 yang juga menggunakan label “a hideo kojima game”. bagaimana selama seharian hideo kojima mengecek berbagai hal dalam game tersebut. Mulai dari suara langkah kaki, suara senjata dan penggunaan fitur yang benar.

Bagaimana hideo kojima harus menghadapi perbedaan pendapat soal menyelesaikan bug atau merilis game sesuai dengan jadwal. Masalah yang bisa dibilang sangat pelik mengingat hampir semua game memiliki bug, padahal waktu rilisnya semakin dekat. Pilihan pun diambil hideo kojima segera merilis dengan memperbaiki sebaik mungkin.

Hideo kojima juga merevisi suara sunny yang merupakan karakter dalam game. Ia bahkan, terjun langsung dalam perbaikan suara tersebut. Meskipun, staffnya juga sedikit mengeluh tentang hal tersebut karena kemungkinan juga akan mempengaruhi cerita.

Kadang juga ada beberapa staf yang protes terhadap memo yang diberikan hideo kojima. Dimana memo tersebut kadang tidak terbaca oleh mereka. Terpaksa mereka sering meminta tolong staf senior untuk menerjemahkan memo hideo kojima yang lebih banya berisi gambar.

Ada satu hal yang menarik ketika pembahasan policenauts yang juga merupakan karya hideo kojima. Meskipun juga menggunakan label “a hideo kojima game”, namun game ini tidak berakhir cukup bagus. Walaupun begitu staff yang bekerja sama dengannya mengakui kualitas cerita dari game tersebut. Tanggung jawab untuk menanggung resiko juga termasuk dalam label ini.

Tidak heran label ini juga pernah terkena kasus ketika hideo kojima masih berkonflik dengan konami. Salah satu game metal gear solid harus dicabut labelnya karena perseteruan kedua kubu. Berlanjut, kepada resiko hideo kojima harus ditendang keluar dari kepengurusan konami. Tentunya sebuah resiko yang sangat besar.

Oleh karena itu, jika orang menganggap label ini sebagai kesombongan hideo kojima, maka itu jelas salah. Label ini penggambaran usaha keras hideo kojima dalam memberikan game. Apalagi label ini juga berarti resiko besar yang ditanggung hideo kojima selaku pemimpin kojima production.
  



No comments:

Post a Comment