Friday, June 29, 2018

Pokemon Go: Mengapa Mengecewakan Penggemar Lama ?


       

Euforia pokemon go sempat menjadi tren di tahun 2016. banyak faktor yang menyebabkan pokemon go meledak. Terutama karena, sudah maraknya handphone berbasis android. Masyarakat menikmati Pokemon go. 
       
Mulai dari golongan penggemar, maupun yang hanya ikut-ikutan saja mulai muncul. Jalan-jalan dipenuhi oleh pemburu Pokemon dadakan. Mereka kadang menimbulkan masalah lalu lintas di beberapa tempat. Bahkan, sampai ada isu penyusupan markas militer dan manipulasi penggunaan aplikasi GPS.
Sampai hari ini Pokemon go masih dapat dikses dengan berbagai update cukup menarik. Munculnya pokemon alola yang sedang on going di anime. Sistem transfer Pokemon dari Pokemon go ke game Pokemon terbaru pokemon lets go di nintendo switch.

Namun, hingga hari ini saya masih mendengarkan berbagai kekecewaan penggemar lama kepada pokemon go. Kita dapat membaca review mereka di berbagai media. 

Termasuk saya sebagai penggemar game pokemon merasa kekecewaan sangat berat. Saya menunggu seandainya Pokemon
Go seperti pokemon klasik.

Kekecewaan tersebut terletak pada hilangnya fitur seperti di Pokemon Klasik. Pokemon klasik saya definisikan sebagai game yang terdapat pada konsol game boy, gbc (game boy color), gba (game boy advance), NDS (nintendo dual screen), 3Ds. 

Fokus pada menangkap dan memelihara pokemon sambil melakukan petualangan. Hal ini tentunya tidak termasuk pokemon ranger, pokemon mystery dungeon, Pokemon tcg, dll yang gameplay memang diciptakan berbeda jauh.

Hal ini terkait dari rasa dari memainkan Pokemon. Terdapat dari rasa yang sangat berbeda antara Pokemon Klasik dan Pokemon go. Terutama petualangan dan pengalaman menangkap dan memelihara pokemon.

Perbedaan tersebut antara lain:

1. Menangkap Pokemon

Fitur menangkap Pokemon dengan Pokemon tidak ada atau pertarungan untuk menangkap Pokemon. Padahal fitur ini merupakan bagian paling menyenangkan dengan Pokemon.  

Melawan Pokemon dengan Pokemon pun butuh banyak perhitungan yang menantang. Jika pokemon melawan pokemon, maka pastilah pemain harus mempertimbangkan jenis pokemon. Dimana setiap serangan pokemon akan berpengaruh efektif atau tidak efektif. 

Prakteknya pada jenis tertentu, misalnya listrik yang efektif pada air, namun tidak efektif pada tipe tanah.Setelah itu pun harus memperhatikan kekuatan dari serangan agar pas. Serangan terlalu kuat dapat mematikan monster yang ingin ditangkap. Serangan terlalu lemah akan sulit mengurangi hp pokemon sehingga susah ditangkap. 

Ukuran serangannya pun harus tepat pada batas merah. Jika cuman samapi kuning atau masih hijau, maka beberapa pokemon sulit ditangkap.

Bandingkan dengan pokemon go yang hanya melempar bola pokemon. Tentunya hal ini memiliki tantangan yang berbeda karena mungkin ada yang harus berkeliling untuk mendapat pokemon, hanya saja rasanya jauh dari permainan pokemon klasik.

2. Naik level

Pokemon lama naik level dimana yang dinaikkan adalah level dari pokemon, bukan pemainnya seperti di pokemon go. Sehingga, Pokemon klasik kita memperhitungkan pokemon mana yang penting untuk naik level. 

Pertarungan naik level yang kadang terasa tidak adil di pokemon go dimana kadang pertarungan dengan trainer begitu sulit. Terutama jika trainer yang terdapat di gym memiliki level yang cukup jauh dengan level kita.

3. Evolusi

Evolusi pokemon go terasa lebih mudah karena hanya memberikan permen ke pokemon. Tidak seperti pokemon klasik yang menetapkan level tertentu dari setiap pokemon. terdapat permen, namun sangat langka. 

Item dan juga pertukaran menjadi syarat beberapa pokemon seperti, kadabra ke alakazam yang membutuhkan pertukaran, pikachu yang membutuhkan batu petir.

Tak lupa saya mengucapkan bawa bukan berarti saya memandang negatif pokemon go. Pokemon go tentunya memiliki sisi positif yaitu, olahraga sehat. 

Terlepas dari mereka para cheater dan yang pakai drone dan naik kendaraan (kecuali sepeda dan becak yang digayung sendiri). asal jangan nabrak aja.

Oleh karena itu, pembahasan disini cuma seputar selera, perasaan dan kenangan yang terdapat di pokemon klasik. Bisa saja artikel ini berbeda tergantung dari perasaan dan persepsi masing-masing terhadap game klasik.

sumber:
pengalaman pribadi

No comments:

Post a Comment