Wednesday, February 28, 2018

One Piece Punya 3 Kelemahan Karakter

One Piece telah berhasil mendapatkan Guinnes world of Record sebagai manga dengan penjualan terbanyak. Ia telah berhasil mencapai 1,5 juta kopi. Penjualan ini menghitung seluruh penjualan selama dua puluh tahun dan diberbagai negara, jadi hal ini tentunya tak mengherankan.     
One Piece dapat bertahan hingga sekarang merupakan berkat dari kerja keras Oda sensei, ia pernah bekerja 20 jam sehari untuk mengerjakan one piece (sebelum beliau sakit). 

Jadi, tidak mengherankan apabila one piece memiliki kualitas cerita yang mampu bertahan selama 20 tahun lebih. Tak lupa dengan penggemar di seluruh dunia. 

Namun, tidak ada gading yang tak retak, One Piece juga pasti memiliki kelemahan. Terutama kelemahan dalam beberapa bagian dari alur cerita. 

Kelemahan cerita atau yang biasa disebut plot hole tentunya dimiliki semua cerita fiksi. Plot hole dapat diartikan kelemahan atau keanehan dari logika sebuah cerita, sehingga secara alur jadi terasa tidak bagus.

Beberapa forum sempat membahas berbagai plot hole tersebut. Hal itu bahkan menjadi perdebatan dalam forum tersebut.    Terutama, jika hal tersebut telah mendapat penjelasan dari kolom sbs yang merupakan tanggapan langsung dari Oda sensei.

Disini saya akan menjelaskan 3 kelemahan atau plot hole dari cerita One Piece. Adapun sebagai berikut:

1. Tidak ada zoan hewan air

Tidak ada buah iblis zoan hewan air. Seperti yang kita ketahui bersama One Piece merupakan kisah bajak laut. Hal ini tentu saja melibatkan berbagai karakter dalam air atau laut sebagai settingnya. Namun, Oda sensei memberi kelemahan sangat besar kepada pengguna buah iblis, yaitu tidak bisa berenang di laut.

Kelemahan ini menimbulkan tidak adanya pengguna buah zoan hewan air. Padahal berbagai hewan laut banyak sekali dalam mitologi dunia, terutama pada kisah-kisah para bajak laut zaman dahulu kala. 

Mungkin suatu hari kita harus protes untuk mengadakan zoan hewan laut kepada oda sensei melalui kolom sbs.

Mungkin akan ada yang menjawab soal pekoms yang memiliki zoan kura-kura. Kura-kura ada banyak jenis dan pekom tampaknya kura-kura darat. Kura-kura seperti di kepulauan galapagos atau ada juga bulus seperti di Indonesia (kalau tidak salah).

2. Manusia ikan sulit pakai buah Iblis

Diskriminasi terhadap ras manusia ikan yang tak dapat menggunakan buah setan. Mungkin saja untuk menghadapi kelemahan tidak adanya zoan laut, maka digunakanlah karakter manusia ikan yang muncul di beberapa mitos dunia.

Akan tetapi, seolah ada diskriminasi terhadap ras manusia ikan yang tak dapat menggunakan buah iblis. Jika mereka menggunakan buah iblis, maka mereka tak dapat hidup lagi di lingkungan mereka laut. 

Beda dengan ras lain, contoh pekoms ras suku mink dan god enel suku pulau langit yang dapat menggunakan buah setan. mereka tidak mendapat masalah.

Contoh paling konkret dalam masalah ini adalah Vander decken. Mungkin ia satu-satunya manusia ikan yang memiliki kemampuan buah iblisnya (walaupun belum ada nampak yang lain). 

Ia membayar kemampuan buah iblisnya dengan tidak dapat berenang sama sekali. Ia bahkan, memakai pelapis tangan agar tidak terkena air. 

3. Kelebihan Chopper sebagai maskot

Kekhususan chopper dalam berbagai hal. Karakter ini memang harusnya mendapatkan kekhususan karena memang ia adalah sang maskot One Piece. Sebagaimana saat di wawancarai bersama masashi kishimoto yang gagal membuat maskot naruto.

Bisa dibilang chopper memakan buah setan yang hampir tidak mungkin dimakan oleh manusia. Sebagaimana dijelaskan Eiichiro Oda di kolom SBS. Adapun komentar oda sebagai berikut:

P: Apa yang terjadi kalau manusia memakan buah hito hito?

O: Seharusnya aku mengatakan menjadi manusia. Hmmm...Bisa saja dibilang kau menjadi lebih dewasa atau menemukan semangat sejati atau semacamnya. Secara umum lebih manusiawi. Bisa saja dibilang seperti itu atau tidak tapi menurutku tidak. Bye!!(Kaburr)

Selain itu, rumble ball juga menjadi kekhususan chopper saja. Padahal jika rumble ball memang bisa mengendalikan atau meningkatkan kekuatan pengendalian. Harusnya rumble ball juga diberikan kepada luffy sebagai kapten untuk memperkuatnya.

Hanya itu saja yang mampu saya temukan. Mungkin para pembaca dapat menemukan berbagai kelemahan lain. Semoga dengan adanya penemuan ini kita dapat mengirimkannya melalui sbs suatu hari nanti.

Mungkin itu saja. Mohon maaf pada penggemar yang mungkin tersinggung terhadap beberapa kata yang terdapat pada artikel ini. Sekali lagi saya mohon maaf apabila ada salah-salah kata ataupun tak berkenan.

Sumber:
pengalaman pribadi
manga one Piece
kolom sbs

No comments:

Post a Comment